How to Enable Move to SD Card [unroot]

Install aplikasi android memang menyenangkan, apalagi banyak aplikasi-aplikasi menarik yang bisa kita dapat, tetapi resikonya bagi yang memiliki memori kecil alhasil akan cepet penuh alias low space.

Untuk melegakan space pada memory internal bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan link2SD, data2sd atau a2sd script. Hanya saja cara ini membutuhkan akses root, jadi device harus diroot terlebih dulu.

Tetapi bagaimana jika device anda unroot, belum diroot atau bahkan tidak bisa diroot?
How to Enable Move to SD CardCara paling awam yaitu dengan masuk ke menu Settings - Applications - Manage Applications- kemudian pilih salah satu aplikasi lalu pilih Move to SD card. Bisa juga dengan App2SD, dengan aplikasi ini anda bisa memindahkan aplikasi dari phone storage ke sd card. Tapi tidak semua, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke sd card, pilihan Move to SD Card tidak aktif. So, bagaimana solusinya? Tips di bawah ini mudah-mudahan bisa membantu anda ;) Tips ini bisa memindahkan hampir semua applikasi ke sd card tanpa harus nge-root terlebih dahulu. Masih lebih bagus kan dari pada tidak bisa sama sekali hehehe.

Memindahkan hampir semua aplikasi ke sdcard

  • Download Android SDK (includes adb executable), ikuti petunjuk instalasi pada step 2, atau jika anda download .zip file ya anda tinggal mengekstraknya saja. Step 3 dan yang lain lewati saja karena yang lain termasuk Eclipse tidak dibutuhkan disini
  • Ekstrak Android SDK, sebagai contoh ekstrak ke C:\android-sdk-windows
  • Jika device anda tidak disertakan driver (Windows OS), download juga USB Driver atau OEM USB Driver terserah menurut merk device anda.
  • Konekkan device dengan kabel usb ke PC (disable USB storage mode). Buka menu Setting - Application - Development - pilih Enable USB debugging.
  • Jalankan terminal window di PC anda (run - cmd)
  • Masuk ke C:\android-sdk-windows\platform-tools
  • Jalankan 2 perintah dibawah ini
adb shell

pm setInstallLocation 2
Contoh preview-nya seperti gambar dibawah ini

How to Enable Move to SD Card

  • Tengok apakah option Move to SDcard yang tadinya tidak aktif sekarang menjadi aktif? Buka Settings - Applications - Manage Applications - pilih salah satu aplikasi yang pilihan Move to SDcard sudah aktif tersebut kemudian tap Move to SD card
  • Exit dan jangan lupa men-disable lagi usb debungging.
  • Selanjutnya untuk mempermudah gunakan App2SD untuk memindahkan applikasi yang lain ke SDcard.

How to Enable Move to SD Card

Jika command diatas tidak berhasil, coba dengan "pm set-install-location 2" (tanpa tanda kutip). Bagi pengguna Mac OS juga kurang lebih seperti cara diatas dengan asusmi bahwa SDK sudah terinstall di Mac tersebut, kemudian ketik perintah dibawah ini melalui terminal.

./adb shell

pm set-install-location 2

How to Enable Move to SD Card on MAC

Melalui terminal emulator dari device Android sendiripun bisa, hanya saja kita memerlukan akses root dalam hal ini. Jadi untuk pengguna Android yang belum/tidak diroot, cara diatas lumayan bisa membantu melegakan internal space.

Notes:
  • Cara ini tidak mutlak memindahkan semua applikasi ke sd card, tetapi sangat membantu jika device kondisi unroot.
  • Aplikasi seperti widget atau sejenisnya yang selalu running sebaiknya jangan dipindah ke sdcard
  • Pemilik Android device memory besar gak usah aneh-aneh mencoba karena space internal anda sudah besar dan tidak membutuhkan tips ini
  • Tested by me on HTC Wildfire S OS 2.3 Gingerbread S-ON, Huawei S7 104, ZTE Light V9 OS 2.2 Froyo, Lenovo 1000G, Vandroid dan beberapa Android device lainnya [Sukses]
  • Use at ur own risk
Jika suatu ketika space memory internal anda sudah low cekidot bagaimana cara mengatasi memory low pada Android