Menggunakan Online Cron Job Service Provider

Cron merupakan program yang berfungsi untuk melakukan penjadwalan berdasarkan waktu. Seperti halnya layanan cron job pada cPanel yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan hosting, fungsi dari online cron job servis provider atau cron job eksternal ini sama pula fungsinya. Dalam hal ini fungsinya akan kita gunakan untuk mengatur waktu Auto Tweet Bot pada post sebelumnya. Selain itu bisa pula menggunakan fasilitas triggers yang ada di Google Scripts meskipun pilihan pengaturannya tidak banyak dan simple.

Disini kita akan mencoba bagaimana mengatur penjadwalan tweet otomatis melalui online cron job, terdapat beberapa layanan online cron job gratis yang bisa kita gunakan. easycron adalah salah satu contoh, lainnya bisa anda cari sendiri.

Standar pengaturan penjadwalan yang telah ditetapkan adalah
* Menit (0-59)
* Jam (0-23)
* Hari dari Bulan (1-31)
* Bulan (1-12)
* Hari dari Minggu (0-6)

ilustrasti dalam gambar kurang lebih seperti gambar dibawah ini:
Menggunakan Online Cron Job Service Provider

Contoh penggunaannya seperti ini:
* 14 * * * yang berarti perintah akan dijalankan setiap menit dimulai pukul 2pm sampai 2.59pm setiap hari

Ada pula spesial karakter seperti / - R L dan lainnya namun ini biasanya tergantung dari penyedia layanan.

Asumsi bahwa Anda sudah mendaftar pada salah satu penyedia layanan cron job tersebut. Atur timezome sesuai zona waktu di wilayah kita kemudian anda tinggal membuat cron job baru melalui pilihan yang tersedia. Kurang lebih menunya akan seperti gambar dibawah ini tergantung dari provider yang Anda gunakan.

Online Cron Job Service

Online Cron Job Service

Online Cron Job Service

Nah, mudah bukan? Selamat berkreasi...