Google Adsense Automatic Payment Declined

Pembayaran Google Adsense untuk bulan ini, khususnya bagi publiser yang menggunakan Western Union sepertinya harus bersabar dulu. Terhitung sejak kemarin ketika Saya membuka Dashboard Adsense dengan harapan mendapatkan MTCN terntaya malah mendapati pesan "Automatic payment declined: Western Union for ($XXX). No reason provided by your financial institution". Ada apa gerangan? Haruskah saya merubah settingan pada payment setting?

Automatic Payment Declined

Pesan declined tersebut sempat berubah menjadi "payment in progress" namun kembali declined pagi ini.

Automatic Payment Declined


Sejak tahun 2007 saya bersama Google Adsense, situasi ini kali pertama bagi saya selama menggunakan WU meski bagi sebagian lain ini bukan yang pertama karena kendala seperti ini pernah juga terjadi tahun lalu. Dan tidak sedikit publisher yang mengalami masalah demikian. Pengumuman resmi dari Google Adsense mengenai kendala seperti ini pada waktu itu kurang lebih seperti ini:



We're expanding the number of Western Union payments that we're sending through our new payments system this month, primarily to publishers in the Asia-Pacific region. A small number (~5%) of the payments we sent to publishers in the following countries were incorrectly declined by Western Union and need to be re-issued. No action is required on your part. We are working with Western Union to complete the configuration changes and will automatically reissue the payments. We expect to complete this in the next 24 hours.
Affected countries:
Egypt
Saudi Arabia
Cambodia
China
Indonesia
Malaysia
Nepal
Pakistan
Philippines
Singapore
South Korea
Taiwan
Thailand
Vietnam
Thanks for your patience, and we're working to resolve this quickly.

Jika kita merujuk pada productforums.google.com yang membahas topik seperti diatas, masalah teratasi dalam beberapa hari. Mudah-mudahan saja untuk masalah yang terjadi sekaran juga demikian. Dan untuk sementara bagi pengguna WU sepertinya harus menunggu kabar selanjutnya baik dari pihak Google Adsense maupun WU. Alternatif lain adalah menggunakan media transfer yang lain yaitu via check atau wire transfer.

#Update: Payment issued.

Payment issued

Akhirnya keluar juga MTCN yang dinanti-nanti, bagaimana dengan kamu?