Bike Trekking ke Puncak Watu Sumbul

Lokasi Puncak Watu Sumbul di peta Google tertulis di Nogosari, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782. Jika kita sedang berada di desa wisata Sriharjo, di depan bukit yang bertuliskan Sriharjo, maka watu sumbul ini berada di seberang sungai Oyo. Namun tentu saja naiknya bukan dari situ, tapi ke arah Kedung Parangan dulu.

Singkat cerita dari Sriharjo kearah timur lalu menyeberangi jembatan Kedungjati lalu belok kiri, sebelum PDAM kedungjati ada bok di kanan kiri jalan, kami mulai trekking dari situ, sepeda sedikit dinaikkan lalu digembok dengan pohon. Sebenarnya di atas masih ada rumah penduduk, jadi masih bisa diakses dengan kendaraan R2, beloknya melalui simpang jalan sebelum PDAM.

Dengan berbekal google map dan TPS (tanya penduduk sekitar) karena kebetulan bertemu dengan beberapa penduduk termasuk ada kakek dan nenek yang sedang beraktivitas di situ akhirnya sampai juga.

Bike Trekking ke Puncak Watu Sumbul

Sebenarnya viewnya bagus, cakep bin keren, namun terkesan kotor karena ada bbrp sampah bekas snack, bekas minuman mineral dan arang bekas pembakaran api. Soal akses yang sulit dan liar saya kira bukan masalah selama masih natural. Hanya saja sempat kesulitan saat menemui jalan setapak yang ditutup pagar jaring, namun kata nenek tadi "lewat mriku mboten nopo-nopo".

Lokasi google map klik DI SINI, dan di bawah ini adalah aktivitas strava barang kali diperlukan rutenya.