Web/Blog Dengan Domain .my.id Tidak Bisa Menambahkan Sitemap di Google Search Console

Tahun 2010 saya buat blog ini, namun karena terlalu sibuk mencari kesibukan akhirnya terbengkelai dan tanpa sadar domain .com pun expired di tahun 2017. Okay berhubung masih sibuk mencari kesibukan lol akhirnya blog ini saya kembalikan tanpa custom domain untuk sementahun. Beruntungnya blog berdomain .com lainya masih aktif walaupun jarang update, termasuk blog yang ada Adsensenya.

Singkat cerita terbesit keinginan untuk update lagi, walaupun sekedar membuat beberapa artikel terbaru jauh dari kata "berkualitas" alias sekenanya. Dan kembali menggunakan custom domain lagi, namun kali ini bukan .com tetapi .my.id, kenapa? ya jelas karena murah meriah. Dan tampillah blog wooles.my.id ini.

Namun siapa sangka ternyata ada kendala saat menambahkan sitemap atau peta situs ke pengaturan yang ada di Google Search Console. Kucoba tambahkan sitemap.xml dan sitemap-pages.xml seperti blog saya yang lainnya. Hasilnya bukannya sukses malah Sitemap could not be read. Kutambahkan atom.xml dan feeds/posts/default pun tetap sama. Sabar, barangkali besok bisa kebaca, jadi abaikan sementara sembari membuat beberapa artikel.

Domain .my.id Tidak Bisa Menambahkan Sitemap di Google Search Console

Esok harinya masih sama, begitu pula hari-hari berikutnya, hmm... ada yang ngga beres inih. Kemudian cari informasi dan ternyata banyak yang mengalami hal yang sama, terkait hal tersebut menemukan beberapa jawaban-jawaban yang cukup bervariasi seperti berikut ini;

  • Katanya domain .my.id sudah diblacklist google karena spam
  • Domain yang murah apalagi gratisan umumnya kurang baik untuk SEO
  • Tidak perlu sitemap, artikel dapat muncul sendiri di pencarian Google
  • Dan jawaban lainnya yang ngga enak dibaca.

Terkait artikel dapat terindeks di pencarian Google tanpa menambahkan peta situs memang betul, seperti yang terlihat di screenshot berikut ini.

Domain .my.id Tidak Bisa Menambahkan Sitemap di Google Search Console

Namun sepertinya hanya artikel yang berkualitas (menurut standar Google) saja yang muncul, jadi tidak semuanya. Saat ini hanya beberapa artikel yang lama, yang baru entahlah. Jika kalian menemukan artikel ini melalui Google berarti artikel ini sudah terindeks.

Kesimpulannya web/blog dengan domain .my.id tetap dapat terindeks google tapi lama, untuk artikel yang berkualitas kemungkinan cepat terindeks, namun itupun tidak ada garansi. Jadi jika ingin bikin web/blog untuk urusan bisnis atau hal penting lainnya domain tersebut tidak disarankan.