Running Nimbuzz Bot di Shell Account

Lama nggak nimbuzzan, niat hati pengin rehat eh ada request dari sdr Tyo; running nimbuzz bot di shell account. Apa itu shell account? nggak usah dijelasin yak :-D kepanjangan. Singkat cerita, kita buat bot online tanpa pc.

Shell yang kita pakai sebagai contoh bisa anda lihat seperti pada gambar dibawah. Anda menggunakan shell account dari mana itu terserah anda, saran saya sih cari aja yang gratisan :D tapi kalau fitur yang kita dapatkan pas-pasan, kadang lemot dan sebagainya jangan protes loh hahaha namanya juga gratisan.

Dan seperti biasa, bot yang saya gunakan adalah bot Talisman core, mau pakai editan dari mana terserah anda, mau edit sendiri juga boleh :D
Sebelumnya siapkan dulu ssh client untuk meremote dan menjalankan bot tersebut, anda bisa menggunakan PuTTY. Perintah dasar ssh cekidot di mari. Dan langkah selanjutnya sebagai berikut;
  • Register ke shell account
  • Jalankan PuTTY, isi host name dan port seperti contoh gambar dibawah, kemudian klik Open
  •  Isikan password yang anda register tadi
 

  • Ketik perintah "wget download_url"
       contoh: wget http://asdot.googlecode.com/files/bot.zip

      cekidot dimari jika ingin mengupload langsung dari PC ke shell server.
  • Extract file zip tersebut dengan perintah "unzip bot.zip" (asumsi jika nama filenya "bot.zip")
  • Jika belum tersedia program unzipnya, install dulu dengan mengetikan perintah "installhome unzip", baru kemudian unzip lagi file bot tersebut.
  • Jika sudah terekstrak, lihat isi direktori/file dengan mengetik "dir
  • Masuk ke direktori bot ketik "cd bot" (asumsi jika nama direktorinya "bot")
  • Edit file config.txt ketikan "nano config.txt" kemudian isi jid bot, password bot, server dan lain lain lalu disave (Ctrl+O) kemudian exit (Ctrl+X).

  • Kembali ke home directory dan coba jalankan bot dengan mengetik perintah "daemon python direktori_bot/bot.py"
          contoh  daemon python bot/bot.py
  • PuTTY bisa anda tutup jika bot berhasil running dan tralalaaaaa anda siap jadi sopir bot :D

    Command bot bisa anda pelajari disini, begitu juga dengan antikick bot diroom dan bagaimana bermain quiz di room dengan bot.

    Note:
    • Command line untuk menjalankan bot adalah "daemon python direktori_bot/bot.py", command daemon disini berfungsi bot akan tetap online meskipun anda logout dari shell server. Dan jika suatu saat bot disconnect, lemot atau bahkan no respon, anda tinggal login ke shell server dan merestart bot dengan command daemon python direktori_bot/bot.py lagi.
    • Selain PuTTY dan sejenisnya via pc, pengguna hp bisa meremote dengan menggunakan midpssh. Bagi pengguna android bisa gunakan ConnectBot dari Android Market, begitu pula dengan pengguna iOS silahkan cari ssh agent di AppStore
    #update: Jan - 2012
    contoh screenshot dsitu memakai server cjb.net, dari beberapa laporan katanya sekarang bot dc terus :D dan belum sempet otak-atik apa yg bkin dc. Solusi sementara silahkan coba shell acc yg lain semisal shellmix.com atau di vps linux jika punya.
    Hanya ada perbedaan pada perintah untuk running background (kalau di freebsd kita biasa memakai "daemon"). Perintah yang setara dengan daemon, di Linux dikenal dengan nama "screen", jangan menggunakan cron job krn beda fungsi.
    Ketik screen kemudian enter, dilanjut dengan perintah eksekusi bot (python dir/bot.py) dan enter lagi. sesudahnya kamu bs keluar dr sshclient dan perintahnya akan berjalan dalam modus "background process"

    #update 13-5-2012 : tutorial English version

    #Update 9-9-2012 Natalie Bot v4.3.4

    Change log:
    - modified aff_plugin.py (make owner/admin/member/participant/banned room users)
    - midified salam_plugin.py (en)
    - added autosend_plugin.py (repeatly send a message with specified interval)
    - added profile_plugin.py (Showing status and nickname of the JID)
    - removed autokick_plugin.py (doesnt works for shell server)
    - etc